Rabu, 27 Agustus 2008

PB08

Secercah Harapan Pesta Blogger 2008
oleh IBN GHIFARIE

Akhirnya datang juga? Kiranya ungkapan ini tak berlebihan bila meneropong kehadiran Pesta Blogger 2008 (PB08) yang tinggal menghitung waktu.

Setelah penantian panjang. Kini, panitia mengumumkan ihwal perencanaan puncak PB08 akan digelar di Jakarta. Pada tanggal 25 Oktober 2008 dan tempatnya menyusul.

Sepekan sebelum acara puncak akan diadakan Road Show dengan rute Dari Bali Ke Jakarta. Kali pertama, Road show akan diawali dari Bali, lalu bergerak ke Malang, Yogyakarta, Bandung, dan berakhir di Jakarta.

Di tiap kota, komunitas blogger setempat dipersilakan menggelar acara sendiri. Acara yang digelar sebaiknya masih dalam koridor Blogging for Society. Bentuknya diserahkan semampu komunitas lokal.

Di Bali, Bali Blogger Community (BBC) bisa membuat acara, contohnya, kunjungan ke RSJ. Di Yogyakarta, Cah Andong, mungkin mengadakan acara bagi buku ke anak sekolah dan seterusnya. Tentu saja semua komunitas blogger daerah boleh membuat aneka sekreatif mungkin.

Panitia di Jakarta akan menyediakan satu buah bus dari Bali. Bus itu akan diisi oleh perwakilan blogger setempat, wartawan, dan undangan lainnya. Bila ada blogger yang berminat ikut, tapi tak kebagian kursi, dipersilakan membawa kendaraan sendiri.

Bus itu akan berangkat ke Malang setelah acara di Bali selesai. Di Malang, komunitas blogger setempat diharapkan membentuk kepanitiaan sendiri dan mengadakan acara penyambutan blogger dari Bali. Selanjutnya, komunitas blogger Malang diharapkan membuat acara bersama.

Setelah acara selesai, rombongan meneruskan perjalanan ke Yogyakarta. Blogger yang berminat ikut dipersilakan ikut bus dari Bali, dengan catatan masih ada kursi kosong. Dan, yang tak kebagian kursi juga boleh membawa kendaraan sendiri atau menyewa bus. Begitu seterusnya hingga road show itu berakhir di Jakarta pada 25 Oktober 2008.

Bagaimana dengan blogger di kota yang tak dilewati bus, tapi ingin ikut acara? Panitia mempersilakan para blogger memilih bergabung di kota mana saja. Blogger Makassar, misalnya, dapat ikut acara di Bali atau Malang. Blogger Semarang atau Solo, silakan menjemput rombongan dan mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Cah Andong. Blogger Cirebon, Tegal, Garut, silakan menghubungi komunitas Batagor.

Nah, secercah harapan PB08 pun telah dipelupuk mata. Ayo dukung bareng-bareng PB08. Cita-cita Blogging for Society juga akan segera terlaksana. Hore. [Ibn Ghifarie]

Cag Rampes, Pojok Komputer Ngaheng, 28/08/8.08.28 wib

Ayo Ngeblog, Ayo Ngoment Juga..!!

 

© 2007 SUNANGUNUNGDJATI: PB08