Minggu, 24 Februari 2008

Kopdar

Kopdar Blogger UIN SGD Bandung
Oleh FAUZAN

Akhirnya, jadi juga Kopdar antar blogger bagi mahasiswa dan alumni Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung. Kopdar yang diikuti oleh 8 peserta ini membahas tentang visi dan misi para blogger UIN SGD.



Pada dasarnya, para mahasiswa dan alumni UIN mempunyai potensi untuk menuliskan segala hal tentang kehidupan, khususnya ilmu-ilmu keislaman di dalam blog. Hal ini akan sangat bermanfaat karena pasti akan ada banyak sekali transfer ilmu-ilmu keislaman di sana. Saya sendiri berpendapat, bahwa mahasiswa UIN dari setiap generasi selalu mempunyai pemikiran-pemikiran yang sedikit nyeleneh dan ekstrim, yang bisa menjadi objek tulisan dan menarik untuk diikuti.

Para blogger UIN sangat berharap mempunyai wadah independen yang mengakomodasi passion mereka akan ilmu-ilmu keislaman, baik bersifat ilmu dasar, seperti fiqh, al-quran, hadis, bahasa Arab, dll, dan juga pemikiran-pemikiran keislaman yang berkembang di jaman sekarang.

Saya sendiri sangat antusias mengikuti giroh mereka dan saya berkesempatan hadir pada kopdar pertama ini. Setiap dialog berkembang dengan gaya dan cara yang khas UIN SGD. Dan saya sendiri sebagai alumni yang cukup lama meninggalkan Sastra Arab UIN (dulu masih bernama IAIN), masih mampu mengikuti alur pemikiran mereka, karena saya juga hampir mempunyai pemikiran seperti mereka.



Ibnu terpilih sebagai ketua, dan yang lainnya (lupa lagi nama2nya) juga menempati fungsinya masing-masing. Sebagai langkah pertama, kami akan membuat aggregator blog baru menggantikan aggregator yang lama. Ditambah beberapa fitur penting yang mereka inginkan. Nama domain-pun sempat terlontar dan cukup alot. Dan nama domainnya masih dirahasiakan, karena masih dalam proses aktivasi.



Seperti biasanya, saya kebagian menjadi admin. Nambah kerjaan lagi nih. Tapi gpp, semua demi UIN tercinta. Siapa tahu pak Rektor melihat hasil kerja saya pribadi sebagai admin, dan mengangkat saya menjadi admin di situs resminya UIN. Saya siap koq. ;)

Bravo Blogger UIN !

Foto Lainnya

 

© 2007 SUNANGUNUNGDJATI: Kopdar