Rabu, 05 Maret 2008

Bahasa

Bahasa Indonesia
Oleh PRAHASTI

Setelah chatting yang cukup ngalor ngidul ma kang yoga, karena kita chatting tanpa script,,,kayak di Akhirnya Datang Juga… saya jadi inget ma pelajaran Bahasa Indonesia.

Saya mo ngucapin makasih banget ma guru bahasa Indonesia saya, karena pelajaran dari bapak, terutama puisi, sudah menolong saya menemukan Bekasi.

Yaah..walaupun saya masih bingung dan heran, Kenapa bapak memanggil saya “Rahman”. Terus terang itu masih jadi misteri, padahal dulu di seragam saya ada name tag-nya, dan di situ tertulis dengan jelas nama lengkap saya. Kenapa pak? Kenapaaa?? Oh iya…name tag saya kan ketutupan ma kerudung saya yah pak?! Tapi, kenapa Rahman??!!!

Saya diundang ke resepsi pernikahan temen kuliah saya di Bekasi. Saya pergi ma Mila. Temen yang ngundang itu, Nana, tau banget kita berdua buta arah, jadi sebelumnya dia udah menghujamkan kata-kata sakti ke hati saya dan Mila. “Naik bis yang ke Cikarang!” berkali-kali Nana ngingetin kayak gitu, sampe2 selalu ada kata Cikarang dalam obrolan saya ma Mila. Sakti banget yah Nana!

Pas hari-H, saya ma Mila dengan semangat pagi hari (kita kan berangkatnya pagi2) langsung menuju terminal LeuwiPanjang dan langsung naik bis Jurusan Cikarang. Perjalanan yang ceria dan riang gembira serta penuh keakraban, bikin saya dan Mila gak gitu merhatiin jalan. Kita berdua heboh aja ngobrol kesana-kemari kayak gak ketemu bertaun-taun, dan tau-tau kita berdua nyadar…”Ini belum nyampe bekasi?” Sekedar informasi, ini tuh perjalanan pertama kita berdua ke Bekasi! Kita langsung merhatiin jalan, dan kita ngeliat di papan2 nama sepanjang jalan, saat itu kita lagi ngelewatin Karawang. “Ti, kok Karawang sih? Bukannya kita mo ke Bekasi?” Mila agak panik. “Iya yah Mil, Tanya atuh ke kondekturnya!” saran saya. “Gengsi ah!” Emang dasarnya kita berdua gak mau keliatan bego…padahal iyah.

Obrolan kita pun mengalami break, dan kita serius natap jalan. Dan saat itulah, saat dimana saya mendapat secercah inspirasi. Secercah titik terang, seperti ketika Helen Keller menyadari kata Water, dan seperti Listrik yang kembali menyala setelah mengalami pemadaman. Saat itu otak saya begitu terang benderang oleh lampu bohlam 40 watt dan berbunyi “Tringg!!”… inspirasi itu adalah puisi Chairil Anwar!

“Asti tau Mil! Gak usah nanya kondektur, asti tau kita gak tersesat!” Mila nampak sumringah, “Tau dari mana?” Mila penasaran. “Puisi Chairil Anwar!” sekarang Mila nampak bingung. Saya pun menjelaskan.

“Sekarang asti paham kenapa puisi Chairil Anwar dikasih judul Antara Karawang-Bekasi, soalnya…waktu itu Chairil Anwar ke Bekasi dari arah Bandung!” dan rutenya itu, Bandung-Karawang-Bekasi. Kalo dia dari arah Bekasi, pasti puisinya dikasih judul Antara Karawang-Bandung!” Jenius banget kan!

“HebaT…bener pisan Ti! Berarti kita gak salah naik Bis!” Mila kagum dan senang.

“Pastinya Mil…guru bahasa Indonesia kita pasti bangga, ternyata kita bisa mempraktekkan pelajarannya untuk menemukan arah tujuan kita Mil.”

“Untung yah Ti, kita belajar puisi. Mila yakin, emang dulu chairil anwar lewat sini!”

Kita pun kembali ke habitat awal, ceria, riang gembira serta penuh keakraban. Kita dapat pelajaran berharga, Kalau Malu Bertanya, Ingatlah Puisi Chairil Anwar.

Sekali lagi, makasih dan ngajarin kami bahasa Indonesia…tapi kenapa Rahman??!!




PS: Postingan ini juga buat Mila, Cepet sembuh yah Mil, tetep ikhtiar, Jangan kalah ma penyakitnya. Asti slalu do’ain Mila.

 

© 2007 SUNANGUNUNGDJATI: Bahasa