Selasa, 29 Januari 2008

Google

Google Language Tools, Berbahasa Asing itu Menyenangkan
Oleh Fauzan

Ternyata chatting pake bahasa asing itu mengasyikan. Pengalaman ini saya dapatkan bersama sahabat saya Ari dari Tanggerang. Kami berdua menggunakan bahasa Perancis yang kami sendiri tidak mengerti maksudnya. Kami menggunakan fasilitas translate yang disediakan oleh google.

Saya sendiri pernah mengikuti kursus dasar bahasa Perancis di jalan Purnawarman Bandung. Tak tanggung-tanggung, nilai akhir saya untuk pelajaran Perancis dasar adalah Tres Bien (very good). Hihi, narsis.

Back to chatting, pada mulanya Ari meminta saya untuk mengirimkan gambar2 Bekamenga, mantan striker Persib yang kini dikontrak FC Nantes. Saya lalu membuka situs camfoot.com, yang merupakan situs sepakbola Kamerun, negara asal Bekamenga. Situs itu memang memakai bahasa Perancis, dan dengan sedikit keterampilan berbahasa Perancis dan tentunya Google language tools, saya surfing ria di sana. Gambar2 Beka-pun saya dapatkan. Iseng2 saya kirim juga tulisan2 ttg Beka yang memakai bahasa Perancis. Tak diduga, Ari pun membalas dengan menggunakan bahasa Perancis. Akhirnya obrolan pun berlangsung memakai bahasa Perancis.

Kami sama-sama mengandalkan Google Language Tools dalam conversation ini. Namun sayangnya, bahasa yang bisa d translate adalah bahasa utama dunia, seperti inggris, Perancis, Jerman, Arab, Spanyol, dll. Bahasa Indonesia belum ada. Jadi setiap mau ngomong Perancis, kami terjemahkan dulu ke dalam bahasa Inggris, kemudian kami translate di google. Begitu pula ketika saya menerima jawaban. Bahasa Perancis yang saya tidak mengerti di translate dulu ke bahasa Inggris. Benar-benar merepotkan, tapi disanalah keasyikannya.

Kami berdua yang tidak mengerti bahasa Perancis, tiba-tiba bisa ngobrol nyambung dengan menggunakan bahasa tersebut lewat translate tool dari google ini. Dan berita-berita Bekamenga yang menggunakan Perancis-pun dapat dimengerti, karena salah satu fitur translate ini adalah menerjemahkan satu halaman situs dari satu bahasa ke bahasa yang lainnya.

Cobain deh! atau udah pernah nyobain? Google memang semakin memudahkan hidup kita, dan ternyata, bisa berbahasa asing itu menyenangkan.

 

© 2007 SUNANGUNUNGDJATI: Google