Jumat, 01 Februari 2008

Ngeblog

Blog Juga Hasil Karya Cipta; Menurut Anda Gimana?
Oleh Ibn Ghifarie

Di tengah-tengan akrabnya budaya ngeblog di pelbagai masyarakat Indonesia sekaligus ikut pula mengejar target 1 juta blogget di tahun 2008

Ayo ngeBlog! melalui penampilan baru juga tak mau ketinggalan dengan menyuarakan slogan ‘Ayo Capai 1 Juta Blogger di 2008′ muncul gejala tak lazim dikalangan para Blogger.

Betapak tidak, budaya copy-paste menjadi pemandangan wajar saat memperbarui blognya. Tak lain guna mengejar kampanye tersebut. Atau memang hanya iseng-iseng semata supaya terkesan rajin mengupdate rumahnya. Mengerikan memang?

Namun, apa mau dikata tradisi ini sudah kadung mendarah daging di seluruh rakyat Indonesia ini.

Kala, kebiasaan ini mewabah di para blogger. Sekonyong-konyong seorang kawan dekatku mempertanyakan gejala itu ‘Kira-kira blog termasuk kategori karya cipta bukan? mengawali obrolan senja di Sekretariat, Kamis (31/01).

‘Ya bagi saya dapat dikategorikan sebuah karya cipta. Asalkan dapat memuat hasil renungan, obrolan, bacaan, kegelisahan, kepenatan yang ditungkan dalam satu bentuk tulisan dan di tampilkan dalam blognya, jawabku.

Makanya saudah menjadi aturan bagi para Blogger. Meski tak ada sanki dan cacian dalam mengnyadur tulisan. ‘Pokoknya jangan asal copy-paste saja’, tegasku.

Selain itu, kalau bisa dalam mengutif satu karya orang lain. Tolong dikutip juga link sang empunya blog supaya tidak disebut plangi dan dapat dipertanggung jawabkan bila ada persoaln di kemudiahan hari, harapanku.

‘Kalau begitu caranya. Ngeblog juga termasuk hasil karya yang harus di hargai dong,’ ungkap temenku yang lainya.

Nah, kira-kira menurut rekan-rekan se-blogger gimana; termasuk karya cipta atau tidak? [Ibn Ghifarie]

Ayongeblog!!!

Cag Rampes, Pojok Sekre Kere, 31/01/08;13.25 dan Komputer Ngeheng, 31/o1/08;23.58 wib

 

© 2007 SUNANGUNUNGDJATI: Ngeblog